My Blog List

Wednesday, November 28, 2012

Kontrasepsi Mantap (Vasektomi)

Oleh : Ovi Epriliana

Untuk kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas kontrasepsi mantap pada pria yang dalam dunia medis biasa di sebut Vasektomi. Pada golongan pria melakukan KB masih merupakan hal yang tabu, karena mereka banyak yang berpendapat bahwa lebih baik wanita yang melakukan KB. Mungkin ada beberapa yang berfikir kalau mereka melakukan KB dapat mengganggu aktivitas seksual mereka. Padahal tidah ada salahnya mereka ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan KB.

Pengertian dari vasektomi adalah tindakan memotong saluran sperma yang menghubungkan buah zakar dengan kantong sperma, sehingga tidak akan dijumpai lagi bibit dalam ejakulasi seorang pria. Vasektomi merupakan upaya untuk menghentikan fertilitas dimana fungsi reproduksi merupakan ancaman atau gangguan terhadap kesehatan pria dan pasangannya serta melemahkan ketahanan dan kualitas keluarga.

Syarat untuk melakukan vasektomi adalah :
  1. Sukarela artinya klien harus dengan kemauan sendiri memilih kontap sebagai kontrasepsi dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
  2. Bahagia artinya klien tersebut dalam perkawinan yang sah dan harmonis, dan juga telah dikaruniai anak sekurang-kurangnya 2 orang dan dalam keadaan sehat rohani dan jasmani, umur istri paling muda sekitar 25 tahun.
  3. Kesehatan artinya pada klien tidak ditemukan adanya hambatan atau kontra indikasi untuk menjalani kontap.
Kemudian yang boleh melakukan vasektomi  adalah untuk laki-laki subur yang sudah punya anak cukup (2 anak) dan istri berisiko tinggi. Dan yang tidak boleh melakukan vasektomi adalah klien menderita kencing manis, infeksi kulit atau jamur pada daerah kemaluan, hernia inguinalis, hidrokel atau varikokel yang besar, anemia berat, gangguan pembekuan darah atau sedang menggunakan antikoagulansia.

Ada beberapa hal yang harus di informasikan pada klien yang menjalankan vasektomi , seperti : pertahankan band aid selama 3 hari, luka yang sedang dalam penyembuhan jangan ditarik-tarik atau di garuk, boleh mandi setelah 24 jam asal daerah luka tidak basah dan setelah 3 hari luka boleh dicuci dengan sabun dan air, pakailah penunjang skrotum dan usahakan daerah operasi kering, jika ada nyeri berikan 1-2 tablet analgetik seperti parasetamol atau ibuprofen setiap 4-5 jam, hindari mengangkat barang berat dan kerja keras untuk 3 hari, boleh bersenggama sesudah hari ke 2-3 (namun untuk mencegah kehamilan pakailah kondom atau cara kontrasepsi lain selama 3 bulan atau sampai ejakulasi 15-20 kali), periksa semen 3 bulan pascavasektomi atau sesudah 15-20 kali ejakulasi.

No comments:

Post a Comment